Nablus – Sahabat Palestina Memanggil+-
Bentrokan sengit berkecamun saat pasukan Israel dan para pemukim yahudi menggeruduk pemakaman Yusuf, di kota Nablus, Tepi Barat utara.

Menurut sejumlah sumber di lokasi, puluhan kendaraan militer dan eskavator Israel menggeruduk kawasan timur Nablus, dan menebarkan personelnya di sekitar pemakaman Yusuf.

Para pemuda Palestina langsung menutup ruas jalan dengan ban yang dibakar, dan melempari patroli Israel menggunakan batu dan molotov, yang dibalas dengan tembakan gas air mata dan bom suara oleh pihak Israel.

Beberapa saat kemudian, ratusan pemukim yahudi beratangan ke pemakaman Yusuf dengan dalih untuk menunaikan ritual keagamaan Talmud di lokasi.

Sebelumnya terjadi bentrokan sengit dekat bunderan Badiyah, Jenin pusat, Tepi Barat utara, pasca serbua yang dilakukan pasukan Israel ke lokasi tersebut.

Sejumlah saksi mata melaporkan, pasukan Israel terdiri dari beberapa patroli tiba di bunderan Badiyah, yang disambut dengan lemparan batu dan molotov oleh para pemuda Palestina.

Masih menurut saksi mata, pasukan Israel melancarkan tembakan menggunakan peluru tajam, peluru karet dan gas air mata untuk memmbubarkan para pemuda.

Pasukan Israel menyasar kota Jenin siang dan malam, lewat serbuan ke pedesaan dan pelosok kota Jenin, serta kamp pengungsian di sana.

Kota Jenin dengan segenap kamp dan pedesaannya menjadi tantangan terberat yang dihadapi Israel di lingkup wilayah Tepi Barat.

Dalam beberapa dekade terakhir, sejumlah aksi kepahlawanan dilakukan pejuang Palestina di Jenin, seperti peristiwa Batu Yabud, yang menewaskan 1 tentara Israel dari brigade Gholan pada 13 Mei lalu, akibat luka terkena lemparan batu di kota Yabud, serta aksi serangan yang dilakukan tawanan Mohammad Qabha, yang menewaskan seorang pemukim yahudi pada desember lalu.

Hampir setiap hari terjadi puluhan kontak senjata di Jenin, terutama di kawasan Kamp Jenin dan Qabatia, akibat penangkapan yang berkelanjutan terhadap anggota keluarga Palestina.
(sumber/pip)

Bagikan