Al-Quds – Sahabat Palestina Memanggil+-

Lebih dari 27 ribu kaum muslimin menunaikan sholat Idul Adha di Masjidil Aqsha, Jumat (31/7), seperti dilaporkan departemen wakaf Islam.

Warga Palestina berbondong-bondong menuju Masjidil Aqsha sejak pagi hari, mereka berdatangan dari segenap wilayah, untuk menunaikan sholat Idul Adha dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan mencegah penularan virus covid 19.

Mufti Al-Quds dan wilayah Palestina, Syekh Mohammad Husain mengatakan dalam khutbah Idul Adha, “Masjidil Aqsha merupakan masjid milik kaum muslimin, tidak ada hak bagi selain mereka, meskipun dipaksakan secara zalim oleh penjajah.”

Penjajah zionis mengira mereka bisa mengambil kendali secara paksa dan dzalim, dengan segala upaya untuk menguasai Al-Aqsha, namun upaya mereka gagal.

Syekh Husain menyerukan kepada segenap warga Palestina untuk mengokohkan persatuan, “Hanya persatuan, taka da pilihan lain menghadapi bahaya yang mengancam tempat suci, wilayah dan hak-hak kita.” Beliau juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap para syuhada, para tawanan yang mendekam di penjara Israel.

Wabah corona mengharuskan para jamaah memperhatikan prosedur kesehatan, menggunakan masker, membawa sajadah sendiri, dan menjaga jarak, pihak keamanan masjid dan para pegawai Al-Aqsha tampak menertibkan jarak para jamaah.

Sementara itu para aktifis terlihat membentangkan poster besar yang menampilkan Masjidil Aqsha bersama Aya Sofia, di halaman bagian luar Masjidil Aqsha, sebagai ucapan selamat kepada kaum muslimin terkait Hari Raya Idul Adha.

Tampak juga spanduk di Masjid Qubbatus Sakhra, yang menampilkan Masjid Aya Sofia yang berlatar bendera Turki.

Tertulis dalam spanduk tersebut, “Ucapan selamat kepada segenap bangsa Arab dan umat Islam, terkait Hari Raya Idul Adha Mubarak, Semoga segenap kebaikan terlimpah untuk kota Al-Quds dan Para Tawanan Palestina.”

Juga terlihat tulisan, “Maafkan Kami Wahai Para Tawanan, Semoga Pertemuan Dengan Kalian Makin Dekat,” sebuah isyarat kepada pertukaran tawanan yang makin dekat.

Menurut saksi mata, pasukan kepolisian Israel tampak mengambil spanduk – spanduk tersebut usai berakhirnya sholat Idul Adha di Masjidil Aqsha. (sumber : info palestina)

Bagikan