Gaza – Sahabat Palestina Memanggil+-
Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan di Gaza menginformasikan dimulainya proyek rekonstruksi 270 unit rumah yang hancur saat agresi militer Israel ke Gaza tahun 2014 lalu.

Kementerian menjelaskan dalam konferensi pers, Kami (27/2) kemarin, bahwa nilai proyek mencapai 10 juta USD, bersumber dari donasi Kerajaan Arab Saudi lewat Dompet Pembangunan Saudi.

Direktur UNDP di Palestina, Aipon Heli mengapresiasi upaya yang dilakukan direktur bagian operasi UNRWA di Gaza, Matias Shamali, yang terus melakukan pemantauan berbagai proyek yang bisa direalisir di Gaza.

Israel pernah melancarkan agresi militer ke Gaza pada 7 Juli 2014, yang menewaskan 2320 orang, menghancurkan 12 ribu unit rumah secara total, dan merusak puluhan ribu rumah lainnya, seperti dilansir data resmi pemerintah.

Sejumlah Negara Arab dan internasional pada awal Oktober 2014, menyalurkan donasi senilai 5,4 Milyar USD, separuhnya dialokasikan untuk rekonstruksi Gaza, dan separuhnya untuk memenuhi kebutuhan warga Palestina.

Dalam keterangan sebelumnya, wakil menteri pekerjaan umum, Naji Sarhan menyebutkan bahwa data global terkait rumah yang hancur dalam agresi 2014 mencapai 12 ribu unit, senilai 495 juta USD.

Sementara komitmen donasi pada tahun 2018 mencapai 344 Juta USD, atau 70 % dari donasi yang diharapkan, dan sisa dari donasi yang belum terpenuhi pada tahun 2018 sekitar 78,3 Juta USD.

(sumber : info palestina)

Bagikan