Al-Quds – Sahabat Palestina Memanggil+-
Puluhan pemukim yahudi, Selasa (5/10) menerobos masuk pelataran Masjidil Aqsha dikawal ketat pasukan kepolisian Israel.

Menurut saksi mata, puluhan pemukim yahudi menerobos masuk komplek Al-Aqsha melalui pintu Maghoribah, mereka berkeliling dan memprovokasi warga Palestina di pelataran Al-Aqsha, kemudian mendengarkan penjelasan seputar kuil mitos yahudi dari pendeta yahudi yang hadir ke lokasi, kemudian keluar melalui pintu Silsilah.

Pasukan penjajah zionis menerapkan pengetatan keamanan di kota tua Al-Quds, memeriksa detail warga Palestina yang hendak menuju Al-Aqsha, serta menghalangi para pemuda Palestina yang hendak shalat di Masjidil Aqsha.

Dalam konteks terpisah di kota Rafah timur, Gaza, sejumlah kendaraan militer Israel pada Selasa pagi melakukan infiltrasi terbatas ke kawasan Rafah, Gaza selatan.

Menurut sumber di lokasi, bulldozer Israel yang dibawa bersama kendaraan militer lainnya, melakukan penggusuran lahan di lokasi tersebut dibayangi pesawat pengintai Israel yang terbang di sekitar lokasi.

Sementara di wilayah Lembah Yordan Tepi Barat, sekelompok pemukim yahudi menyerang para penggembala Palestina di kawasan Khula Makhul, Lembah Yordan bagian utara.

Menurut aktifis HAM, Arif Daraghima, kelompok yahudi melanjutkan kejahatan mereka, memburu para penggembala Palestina sejak pagi hari, di wilayah Khullah Makhul, sehari sebelumnya kelompok yahudi melempari para penggembala Palestina menggunakan gas, dan mengusir mereka dari tempat penggembalaan ternak.

Disebutkan bahwa para penggembala ternak Palestina kerap menjadi korban kejahatan kelompok yahudi, di kawasan Lembah Yordan utara, hal itu dilakukan untuk mengusir para penggembala ternak Palestina, dan mengosongkan kawasan untuk kepentingan perluasan permukiman yahudi.

(sumber/pip)

 

Bagikan