Al-Quds – Sahabat Palestina Memanggil+-
Penjajah Israel menggusur desa Araqib Palestina di Negev (Palestina 48 Selatan), Selasa (25/1) untuk ke 197 kali secara berturut-turut sejak tahun 2000 silam, mengusir penduduknya di tengah cuaca dingin dan hujan.

Aktifis Aziz al-Thuri mengatakan kepada Quds Press, “Aparat kementerian dalam negeri Israel menyerbu rumah warga di Araqib, dan menggusur desa tersebut untuk ke 197 kali.”

Ditambahkannya, alat berat Israel melakukan penggusuran di tengah cuaca dingin dan hujan. Pasukan Israel mengusir puluhan keluarga, mayoritas anak-anak dan wanita, membiarkan mereka tanpa tempat tinggal di tengah cuaca dingin menusuk.

Al-Thuri menyebutkan, pasukan Israel mengeluarkan warga secara paksa dari kemah-kemah mereka, kemudian menarik dan merobohkan kemah menggunakan kendaraan mereka.

Al-Thuri menegaskan bahwa warga akan kembali membangun desa mereka, dan tetap gigih bertahan di tanah desa mereka.

Selain penggusuran, warga Araqib menjadi korban penganiayaan aparat Israel, dan pengrusakan lahan pertanian, untuk tujuan mengusir warga dari lahan milik mereka.

Para pengamat menggambarkan kegigihan warga desa Araqib sebagai kegigihan legendaris, mereka kembali membangun kemah dan tempat tinggal, menghadapi konspirasi pengusiran oleh penjajah dari waktu ke waktu.

Penjajah Israel hendak mengusir warga Araqib untuk proyek perluasan permukiman zionis.

Araqib merupakan desa Palestina, terletak di bagian utara kota Bersheba di padang pasir Negev (Palestina Selatan), dibangun pertama kali pada masa pemerintahan Usmaniyah, termasuk salah satu desa di Negev yang tidak diakui keberadaannya oleh penjajah zionis.

(sumber/pip)

 

Bagikan