London – Pusat Informasi Palestina +-+-
Hari Senin (20/9/2021, partai terbesar ketiga di Parlemen Inggris, dengan mayoritas, setuju untuk melarang barang-barang dari permukiman-permukiman Israel di Tepi Barat untuk dipasarkan di pasar-pasar Inggris. Mereka juga setuju untuk memberikan hak kepada warga Palestina untuk mengunjungi Inggris tanpa visa.

Keputusan Partai Demokrat Liberal Inggris ini mencakup komitmen untuk mengakui segera negara Palestina, dan untuk mencegah perusahaan-perusahaan Inggris beroperasi di permukiman-permukiman ilegal Israel yang dibangun di wilayah Palestina yang diduduki penjajah Israel.

Kedutaan Otoritas Palestina di Inggris menyambut baik keputusan Partai Demokrat Liberal Inggris tersebut, dan menyebutnya sebagai “langkah awal yang positif”.

Duta Besar Otoritas Palestina di London, Husam Zomlot, mengatakan bahwa keputusan tersebut merupakan komitmen penting untuk hak-hak Palestina. Keputusan tersebut akan membawa implikasi penting bagi perkembangan ekonomi Palestina. Keputusan tersebut merupakan “langkah penting untuk meminta pertanggungjawaban Israel atas tindakannya yang bertentangan dengan hukum internasional di wilayah pendudukan (Palestina).”

Zomlot meminta partai-partai Inggris lainnya, untuk mengikuti langkah partai Demokrat Liberal, dengan “bekerja untuk memberlakukan kebijakan dan keputusan bagi penerapan penuh hukum internasional dan hukum Inggris yang berkaitan dengan Israel dan permukiman-permukiman kolonial ilegalnya dan kebijakan-kebijakan apartheid yang dilakukan. ”

Partai Demokrat Liberal Inggris tergabung dalam pembentukan pemerintahan koalisi Inggris dengan Partai Konservatif pada 2010.

(sumber/pip)

 

Bagikan