Nablus – Sahabat Palestina Memanggil+-

Hari Rabu malam (07/10/2020), sekelompok pemukim pendatang Yahudi menyerang kendaraan warga Palestina yang berjalan di Jalan Hawara Nablus, di selatan Kota.

Para saksi mata melaporkan bahwa sejumlah pemukim pendatang Yahudi menyebar di antara pohon-pohon zaitun di dekat persimpangan Burin, sebelum kemudian mereka menyerang mobil warga Palestina. Serangan ini mengakibatkan kerusakan pada sejumlah kendaraan warga Palestina akibat terkena hantaman batu.

Dalam beberapa hari terakhir, daerah dan desa di selatan Nablus terjadi peningkatan serangan yang dilakukan para pemukim pendatang Yahudi. Yang paling menonjol adalah serangan yang terjadi di kota Asira al-Qibliya, yang dilakukan oleh kawanan pemukim Yahudi. Mereka juga menyerang para petani di sana.

Sebelumnya tiga warga Palestina terluka, pada Rabu pagi, akibat pemukulan yang dilakukan kawasan pemukim Yahudi terhadap mereka saat sedang memetik buah zaitun di tanah Hawara. Sementara sekelompok pemukim pendatang Yahudi membakar puluhan pohon zaitun di tanah Deir Ballut, sebelah barat Salfit.

Laporan berkala yang dikeluarkan oleh kantor media gerakan Hamas di Tepi Barat memantau terjadi pelanggaran yang dilakukan pasukan pendudukan penjajah Israel sebanyak 1575 kasus terhadap hak-hak rakyat Palestina dan tanah mereka di Tepi Barat dan al-Quds selama bulan September lalu.

Menurut laporan itu, jumlah pelanggaran permukiman mencapai 16 kasus, dalam bentuk yang yang bervariasi, mulai dari penyitaan dan perataan tanah, pembangunan jalan, dan persetujuan pembangunan unit-unit permukiman Yahudi.

(sumber : pip)

Bagikan