Nablus – Sahabat Palestina Memanggil+-

Hari Rabu (8/7/2020), para pemukim pendatang Yahudi membakar pohon-pohon zaitun di desa Burin, selatan Nablus, wilayah utara Tepi Barat yang diduduki penjajah Israel.

Sumber-sumber lokal melaporkan bahwa para pemukim pendatang Yahudi dari permukiman Yitzhar membakar pohon-pohon zaitun milik para petani Palestina di desa Burin.

Di hari-hari terakhir ini tercatat ada puluhan kebakaran yang dilakukan oleh para pemukim pendatang Yahudi di desa Burin, Madama, Asira al-Qibliyah, Orif Yatma, Al-Sawiya dan Laban Timur.

Desa-desa di Nablus terus-menerus mengalami serangan dari para pemukim pendatang Yahudi yang berasal dari permukiman Yitzhar, yang hampir setiap hari melakukan kerusakan di sana.

Serangan paling intens dan brutal terhadap warga di desa-desa Nablus bertolak dari permukiman Yahudi Yitzhar. Permukiman ini merupakan inkubator bagi kelompok pemuda yang dikenal sebagai “Hill Boys”. Sebuah kelompok yang terdiri dari para pemukim Yahudi yang melakukan beberapa kejahatan, di antaranya adalah pembakaran keluarga Dawabisha, pembunuhan Aisha al-Rabi, pembakaran masjid-masjid dan kendaraan-kendaraan Palestina serta penulisan slogran-slogan rasis di dinding rumah-rumah warga Palestina.

Permukiman Yitzhar terhubung ke beberapa jalan besar, dan jalan-jalan protokol, di mana warga Palestina dilarang melewatinya, atau bahkan hanya untuk ke jalan-jalan tersebut.

(sumber : info palestina)

Bagikan