Berbeda dengan bencana gempa, banjir, longsor, dan lainnya, bencana kabut Asap yang melanda Riau selama lebih dari 3 pekan terakhir ini tentunya membutuhkan penanganan ekstra, karena kabut Asap akibat Karhutla tersebut mempersulit semua aktivitas luar ruangan, bahkan cenderung tidak mungkin untuk dilakukan. Pekatnya asap membuat jarak pandang semakin terbatas dan tentunya akan berakibat buruk secara jangka panjang bagi kesehatan.

Bekerja sama dengan Yayasan Lokal Riau, yaitu Yayasan Lancang (perahu layar : red) Kuning Indonesia (YLKI) dan Yayyasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA), Sahabat Palestina Memanggil Peduli-Ummat (SPM-PU) memfokuskan bantuan untuk korban bencana karhutla dan kabut asap Riau berupa Rumah Oksigen, yang mengkhususkan bantuan dalam bentuk pemberian oksigen untuk korban kabut asap yang masuk dalam golongan membutuhkan.

pengecekan kadar oksigen pada batita

Belum genap 24 jam setelah launchingnya, Sabtu 21 September 2019, tercatat lebih dari 100 pasien sudah dilayani oleh Rumah Oksigen, yang sebagian besar pasein tersebut di dominasi kelompok usia rentan yaitu anak-anak, ibu hamil, dan lansia. Dengan kondisi langit Riau yang masih berselimutkan asap saat ini (22 9 2019),maka keluhan kesehatan mereka umumnya adalah sesak, batuk, flu, hingga mual.

Adalah Ibu Amalia warga Jl. Taman Karya, menuturkan bahwa, sejak 3 hari terakhir beliau dan semakin sering merasakan sesak nafas dan mata terasa pedih, oleh karena itu pada Sabtu siang, berbekal info dari broadcast pesan singkat di jejaring media sosial tentang Rumah Oksigen, beliau berinisiatif untuk membawa semua keluarga ke Rumah Oksigen, setibanya di Rumah Oksigen berbekal Oksi Matrix dan alat tensi darah petugas langsung memeriksa kadar oksigen masing-masing anggota keluarga beliau sebelum diberikan tindakan oksigen.

Selama karhutla yang mengakibatkan kabut asap masih terjadi, diperkirakan intensitas kedatangan pasien dengan keluhan serupa akan semakin tinggi, oleh karena itu Rumah Oksigen masih tetap membuka layanan oksigen untuk warga yang membutuhkan.

Donasi Kemanusiaan Korban Bencana Kabut Asap Riau :

Rekening Donasi

Bank Syariah Mandiri (451)777-222-0078

Bank Muamalat Indonesia (147) 3260-777-222

a.n. Sahabat Palestina Memanggil

konfirmasi Donasi ke

SMS / WA : 0857-1647-3854

Bagikan