Hebron – Sahabat Palestina Memanggil+-
Pengacara Jawad Boulos menyatakan bahwa Pengadilan Banding Militer Israel di Ofer memutuskan sekali lagi untuk menunda kasus tawanan Hisham Abu Hawash, yang melakukan mogok makan selama 115 hari memprotes penahanan administratifnya, sampai pukul sembilan jam besok pagi, Jumat.

Boulos menambahkan, dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Klub Tawanan, pada Kamis malam, bahwa pihak administrasi penjara Israel memindahkan tahanan Abu Hawash ke rumah sakit sipil Israel hari ini, setelah berulang kali menuntut agar dia dipindahkan karena kondisi kesehatan yang serius yang sedang dihadapi.

Sebagaimana dinyatakan dalam putusan pengadilan, Abu Hawash sedang menunggu laporan medis yang terperinci tentang kondisi kesehatannya dan apakah dia akan tetap berada di rumah sakit atau dikembalikan ke penjara lagi, sehingga dia dapat mengeluarkan keputusannya.

Boulos menekankan bahwa yang terjadi dalam kasus Abu Hawash merupakan kebijakan kesewenang-wenangan dan mengulur-ulur waktu oleh otoritas Israel di berbagai level, termasuk pengadilan. Ada perubahan dan akal-akalan laporan medis terhadap seorang tawanan yang mogok selama 115 hari ini menjadi syarat dalam keputusan yang menentukan nasibnya.

Dia menyatakan, “Ini adalah bagian dari tindakan sia-sia yang kita hadapi di pengadilan Israel dan ini juga mencerminkan transformasi saat ini dalam kasus-kasus yang berkaitan dengan tahanan yang mogok makan.”

Patut dicatat bahwa otoritas pendudukan Israel menangkap Abu Hawash (40 tahun), dari Dura / Hebron, pada 27 Oktober 2020, dan mengeluarkan tiga perintah penahanan administratif terhadapnya, masing-masing untuk jangka waktu 6 bulan, dan perintah terakhir dikurangi dari 6 sampai 4 bulan, dapat diperpanjang.

Tahanan, Abu Hawash telah menikah dan ayah dari lima anak, dan dia sebelumnya ditangkap beberapa kali. Ia menghadapi penangkapan dimulai pada tahun 2003 antara hukuman dan penahanan administratif dan total tahun penahanannya berjumlah 8 tahun, termasuk 52 bulan bulan di bawah penahanan administratif.

(sumber/pip)

 

Bagikan