Nablus – Pusat Informasi Palestina + -+-
Di beberapa daerah di kota Nablus pada Rabu malam (24/2/2021) terjadi bentrokan hebat antara warga dengan pasukan pendudukan penjajah Israel yang menyerbu wilayah selatan dan timur kota.

Di kota Osrin, selatan Nablus, sejumlah warga sipil mengalami sesak nafas akibat terkena tembak tabung gas air mata yang ditembakkan oleh pasukan pendudukan penjajah Israel selama bentrokan, yang oleh sumber-sumber lokal digambarkan sebagai bentrokan yang sengit.

Tentara pendudukan penjajah Israel juga menembakkan peluru logam berlapis karet dan berpatroli di jalan-jalan kota dan menangkap seorang warga Raslan Adili setelah menyerbu rumahnya.

Di wilayah timur Nablus, pasukan pendudukan penjajah Israel dalam jumlah besar menyerbu jalan-jalan Amman dan Askar, sambil melepaskan tembakan gas air mata, meriam suara, dan peluru logam ke arah warga.

Puluhan kendaraan militer pendudukan penjajah Israel dikerahkan dari pos pemeriksaan Beit Furik ke daerah Balata al-Balad untuk mengamankan serbuan para pemukim Yahudi ke dalam makam Yusuf.

Sumber-sumber lokal melaporkan bahwa sejumlah pemuda terluka oleh peluru logam dan mengalami sesak nafas selama konfrontasi dengan pasukan pendudukan penjajah Israel.

Pendudukan penjajah Israel beralasan bahwa makam Yusuf adalah tempat suci agama bagi orang-orang Yahudi sehingga berulang kali mereka menyerbu ke dalam makam tersebut dan mendorong ratusan pemukim Yahudi ke daerah yang ingin dikuasainya tersebut, meskipun lokasinya berada di jantung pemukiman penduduk di kota Nablus.
(sumber/pip)

Bagikan