Gaza – Sahabat Palestina Memanggil+-

Kementerian Kesehatan di Gaza, Kamis (23/4) menerima donasi perangkat medis yang disampaikan Komite Internasional Palang Merah, dalam rangkaian preventif untuk menghadapi virus corona.

Dirjen kerjasama internasional di kemenkes, Abdul Latif al-Haj menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas donasi Palang Merah yang bisa menutupi sebagian kebutuhan kesehatan untuk menanggulangi virus corona.

Al-Haj mengatakan, “Hari ini kami menerima perlengkapan medis yang bisa menutup sebagian kebutuhan Gaza.”

Ditambahkan al-Haj, ditengah kekurangan yang dihadapi sector kesehatan, kami menyerukan kepada dunia untuk memberikan dukungan kepada Gaza.

Ketua delegasi Palang Merah di Israel dan wilayah jajahan, Daniel Duvellar menyatakan, “Kemungkinan lonjakan Covid-19 di Jalur Gaza cukup menakutkan, mengingat lemahnya sektor kesehatan dan kepadatan populasi yang tinggi di Jalur Gaza.”

Sampai saat ini, hanya sedikit kasus positif yang tercatat di Gaza, namun sangat penting untuk siaga menjaga stabilitas keadaan ini.

Perlengkapan yang didonasikan Palang Merah semoga bisa membantu merealisir kondisi siaga penuh di Gaza, ungkap Daniel.

Donasi mencakup respirator, monitor pasien, alat pacu jantung, alat hisap dan pompa, yang merupakan peralatan utama untuk mengobati kasus kritis pasien “Covid-19.

Bahkan sebelum pandemi terjadi, Gaza menghadapi masalah serius yang terus-menerus yang mempengaruhi kualitas layanan kesehatan yang tersedia bagi penduduknya. Sektor kesehatan di Gaza berisi sekitar 110 tempat tidur untuk perawatan intensif untuk orang dewasa, kebanyakan dari mereka sudah terisi, dan hanya ada 93 respirator di unit perawatan berbanding dengan 2 juta jiwa penduduk, lanjut Daniel.

PBB telah mengeluarkan peringatan bersama organisasi internasinal, terkait situasi kesehatan di Gaza, yang cukup mengkhawatirkan dalam konteks penyebaran virus corona.

Kementerian kesehatan menuntut penghapusan blockade Gaza secepatnya, dan membantu Gaza dengan peralatan medis, serta menuntut PBB dan organisasi HAM untuk melakukan tekanan kepada Israel supaya mengakhiri blockade Gaza yang telah berlangsung sejak 14 tahun lalu.

Sampai saat ini 17 kasus positif corona di Gaza menimpa mereka yang pulang ke Gaza, dan semuanya ditempatkan di karantina kesehatan sebelum masuk ke Gaza, 9 dari mereka sembuh, dan tersisa 8 yang masih dalam perawatan.

(sumber : info palestina)

Bagikan