Sahabat Palestin Memanggil – Al-Quds,Tentara Israel pada pada Senin (29/7) menangkap dua pemuda Al-Quds yang belum diketahui identitas keduanya di Jalan Salah al-Din, seberang pagar Al-Quds bersejarah samping gerbang al-Sahira.

Pengacara Pusat Informasi Wadi Hilweh, Razan al-Juba mengatakan, tentara Zionis akhirnya membebaskan gadis Palestina berusia 16 tahun, Nigham Muhammad ‘Alyan yang sebelumnya dijatuhi hukuman penjara lima hari serta denda 1.000 Shekel yang dijaminkan pihak ketiga

Pasukan pendudukan Israel menangkap gadis Nigham saat fajar hari ini, dari rumahnya di kota Issawiya di Al-Quds tengah sebagai bagian dari aksi penangkapan yang dilakukan tentara terhadap pendudukan kota.

Menurut laporan Liga Arab, bocah Palestina merupakan korban terbesar dari kejahatan penjajahan, sekitar 20 % korban luka dalam pawai kepulangan adalah anak-anak Palestina.

Sekjen Liga Arab menyebutkan pentingnya pertemuan terkait kondisi di kawasan, yang menjadi tantangan besar bagi rekomendasi HAM, dimana terjadi eskalasi terorisme berdarah, baik di sejumlah negara Arab maupun yang melewati perbatasan.

Abu Ghait mengatakan, pertikaian yang memicu pelanggaran berat menjadi penyebab terjadinya pelanggaran HAM, dan korban terbesarnya adalah para wanita dan anak-anak.

Sementara itu kepala cabang Asia dan Timur Tengah di badan HAM PBB, Francisco Mota menegaskan pentingnya melindungi rakyat sipil dari pertikaian, dan menghormati aturan dasar HAM internasional. Dan melindungi kelompok terlemah seperti para wanita dan anak-anak serta mereka yang berkebutuhan khusus.

Dalam sambutannya, Francisco mengatakan, wilayah Gaza dengan kondisi paling parah terdampak HAM akibat blokade, termasuk minimnya sumber air yang terbatas, dan sulitnya layanan air bersih, kesehatan dan pendidikan. (Sumber : Info Palestina)

Bagikan