Al-Quds – Sahabat Palestina Memanggil+-
Pasukan serdadu Israel sore kemarin Jumat (4/6) melalukan kekerasan terhadap Marathon yang bertolak dari depan gerbang kampung Shekh Jarrah yang diisolasi sejak 16 Mei ke kampung Bathn Al Hawa di Al-Quds.Sumber-sumber setempat menyatakan, serdadu Israel melakukan tindakan kekerasan dengan melepaskan gas air mata dan bom suara terhadap puluhan pelari dari Al-Quds dan relawan dari wilayah Palestina 1948. Mereka berlari start dari kampung Shekh Jarrah melintasi Gerbang Al Asbath hingga finish di kampung Bathn Hawa di Silwan. Mereka meneriakkan yel-yel solidaritas terhadap warga di sana yang terancam diusir Israel dan rumahnya digusur. Israel juga melakukan tindakan kekerasan terhadap tim siaran TV Palestina di Al-Quds dan kamera mereka dirusak.

Pemuda Asad Dari (24), salah satu peserta lari marathon mengatakan kepada kantor berita Palestina Wafa, prakarsa ini bertujuan memberikan kesepakatan kepada pemuda dan dan partisipan untuk memperkenalkan kepada mereka apa yang dihadapi kampung-kampung di Al-Quds dan warganya dari bahaya yahudisasi dan pengusiran.

Ia menambahkan, marathon merupakan bagian kegiatan solidaritas terhadap keluarga-keluarga yang terancam diusir dari rumah mereka di Shekh Jarrah dan Silwan.

Warga Al-Quds kemarin menyerukan agar pada solidaritas ikut ambil bagian dalam kampanye “Selamatkan Kampung Shekh Jarrah dan Silwan” untuk menyelamatkan warga Al-Quds di sana yang terancam menjadi korban pembersiahan etnis dan pengusiran paksa. Mereka terdiri dari 28 keluarga di kampung Shekh Jarrah dan 86 keluarga di Bathn Al Hawa.
(sumber/pip)

Bagikan