Al-Quds/Hebron – Sahabat Palestina Memanggil +-+-
Pemerintah kota pendudukan Israel di al-Quds pada Ahad (5/12/2021) malam menerangi tembok bersejarah al-Quds dengan gambar-gambar dan slogan-slogan bernuansa Talmud yang provokatif, bertepatan dengan apa yang mereka sebut sebagai “Festival Cahaya” (Festival of Lights) Ibrani.

Sumber-sumber lokal melaporkan bahwa cahaya terfokus pada bagian-bagian tembok al-Quds di daerah Bab al-Amud dan daerah yang membentang ke Bab al-Khalil melalui Bab al-Jadeed.

Melalui gambar-gambar dan slogan-slogan ini, pemerintah kota pendudukan Israel di al-Quds sedang berusaha menampilkan sejarah kota suci yang dipalsukan sejalan dengan legenda “Talmud” tentang tempat suci tersebut.

Dalam konteks lain, pada Ahad malam, pasukan pendudukan Israel menyerbu kota al-Samou’, selatan Hebron, wilayah selatan Tepi Barat, dan menyatakan pusat kota sebagai zona militer tertutup.

Sebuah sumber lokal menyatakan bahwa pasukan pendudukan Israel menutup jalan menuju pusat kota, mencegah warga melewatinya, dan memaksa para pemilik toko untuk menutupnya. Hal ini dilakukan agar para pemukim pendatang Yahudi bisa melakukan ritual Talmud di menara kuno yang terletak di kota.

(sumber/pip)

 

Bagikan