Al-Quds – Sahabat Palestina Memanggil+-

Otoritas pendudukan penjajah Israel telah menyelesaikan prosedur untuk mendaftarkan 525 hektar tanah Palestina di desa Nahalin, barat daya Betlehem, untuk kepentingan Dana Nasional Yahudi.

Shalomo Neiman, ketua blok permukiman Yahudi Gush Etzion, mengatakan, “Langkah ini merupakan langkah bersejarah setelah 76 tahun mendaftarkan tanah ini untuk memperluas Gush Etzion.”

Pihak pengadilan Israel menolak semua dokumen yang diajukan oleh warga Palestina selama bertahun-tahun yang membuktikan kepemilikan mereka atas tanah tersebut. Pengadilah mengizinkan untuk mendaftarkan tanah tersebut untuk kepemilikan pemukim pendatang Yahudi.

Danny Attar, kepala Dana Nasional Yahudi, menilai langkah ini bernilai sejarah Zionis yang penting yang akan memungkinkan blok Gush Etzion untuk memulai konstruksi baru untuk ratusan unit rumah.

Hal terebut merupakan bagian dari rencana penjajah Israel untuk memperluas permukiman-permukiman Yahudi dan menggabungkan (mencaplok) daerah tersebut ke dalam kedaulatan entitas Zionis melalui rencana aneksasi (perampokan dan pencurian tanah) yang sedang dilaksanakan di lapangan tanpa pengumuman resmi.

Awal permukiman di Provinsi Bethlehem dimulai pada tahun 1960-an. Permukiman Gush Etzion adalah salah satu permukiman Israel pertama yang ditanam di wilayah Palestina setelah perang Juni 1967. Kemudian permukiman Yahudi menyebar seperti kanker sebagai bagian dari kebijakan dan strategi sistematis; demi melayani tujuan-tujuan Israel, di antaranya adalah proyek Yerusalem Raya. Jumlah permukiman Israel pada tahun 2000 mencapai lebih dari 21 blok permukiman dengan luas 15112 hektar, setara dengan 2,5% dari luas wilayah Betlehem.

Jumlah pemukiman di blok Gush Etzion mencapai 11 pemukiman. Di antaranya 10 kompleks permukiman berada di propinsi Betlehem, dan satu di berada di perbatasan dengan propinsi Hebron, yaitu permukiman Yahudi Majdal Oz. permukiman-permukiman ini terdiri dari 20.000 unit rumah.

(sumber : info palestina)

Bagikan