Gaza – Sahabat Palestina Memanggil+-
Situs Israel Walla edisi Kamis (27/1) menyebutkan, “Israel mulai melakukan aksi menggagalkan Komite HAM PBB terkait investigasi yang dilakukan Israel dalam agresi terakhir ke Gaza.”

Kementerian Luar Negeri Israel menegaskan komitmennya untuk mencegah Komite PBB menerbitkan keputusan yang merugikan Israel, selain melakukan kampanye luas menentang sidang Komite HAM PBB pada Maret mendatang.

Disebutkan bahwa para pejabat Israel menyatakan kebingungan mereka, terkait kemungkinan laporan komite investigasi PBB yang akan dilansir pada Juni mendatang, yang dalam satu pasalnya menyatakan Israel sebagai negara rasial apartheid.

Menurut situs Israel, keputusan seperti ini  akan berdampak negative bagi citra Israel di hadapan forum internasional, terutama di kalangan liberalis AS dan sejumlah negara barat lainnya.

Disebutkan bahwa HAM PBB memberikan ijin investigasi terkait agresi Israel ke Gaza, yang berlangsung pada Mei tahun lalu, dimana komite sebelumnya tidak mendapatkan peluang seperti ini.

Sepanjang 11 hari, Israel melancarkan agresi militer ke Gaza, yang berakhir dengan gencatan senjata pada 21 Mei 2021 lalu.

Selama agresi tersebut, 260 warga Palestina gugur, dan ratusan lainnya luka-luka, seperti dilansir dalam pernyataan kementerian Kesehatan Palestina kala itu.

(sumber/pip)

 

Bagikan