New York, (Sahabat Palestina Memanggil) – Emir Negara Qatar, Tamim bin Hamad, menegaskan bahwa negaranya akan terus memberikan dukungan politik dan kemanusiaan kepada rakyat Palestina. Dia menegaskan tidak akan berhenti mendukung upaya apa pun untuk mencapai perdamaian yang adil bagi rakyat Palestina.

Hal tersebut ditegaskan Hamad dalam pidato yang disampaikan di depan Majelis Umum PBB di New York. Dia mengatakan, “Berlanjutnya pendudukan Israel atas wilayah Palestina dan Arab secara umum dan praktik-praktik ilegal yang dihasilkan, terutama perluasan permukiman-permukiman Israel ilegal di Palestina, yahudisasi kota al-Quds atau Yerusalem, blokade yang mencekik dan dzalim terhadap Jalur Gaza, serta intensifikasi pembangunan permukiman Israel ilegal di dataran tinggi Golan Suriah, semuanya dilakukan dengan melawan dan menentang secara terang-terangan terhadap PBB dan resolusi-resolusinya.

Dia menambahkan bahwa Israel telah menjadi atmosfir negara-negara di kawasan serba boleh bagi mereka. Dia mempertanyakan, “Sampai kapan PBB sebagai legitimasi internasional tetap tidak mampu menemukan orang yang harus menghormatinya apabila hal itu berkaitan dengan masalah Palestina?”

Dia melanjutkan, “Telah terbukti bahwa kompromi penyelesaian yang didasarkan pada pemaksaan logika kekuatan hanya akan menghasilkan pelanggaran dan penyangkal terhadap kompromi penyelesaian tersebut dengan logika kekuatan pendudukan juga. Adapun perdamaian yang permanen, ialah yang didasarkan pada keadilan. Dan ini berarti memastikan dan menjamin hak-hak rakyat Palestina yang terampas tanah air mereka. Terutama pembentukan negara Palestina di perbatasan 1967, dengan al-Quds atau Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, mengakhiri pendudukan Israel atas semua wilayah Arab yang didudukinya, termasuk Golan Suriah dan wilayah Libanon.” (sumber : info palestina)

Bagikan