Ramallah – Sahabat Palestina Memanggil+-
Otoritas Urusan Tahanan dan Mantan Tawanan Palestina, dalam sebuah laporan yang dikeluarkan hari ini (22/12) mengatakan, penderitaan para tawanan yang ditahan di pusat penahanan Etzion, selatan Betlehem selalu bertambah setiap tahunnya, terutama ketika musim dingin tiba dan ketika pasukan Zionis menekan mereka dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan.

Pengacara Otoritas Tahanan saat berkunjung ke Atzion melansir penuturan yang disampaikan sejumlah tahanan, di mana mereka mengklarifikasi tentang tingkat penderitaan yang mereka alami hari ke hari. Mereka mengeluhkan tentang kurangnya pakaian dan selimut musim dingin, karena selimut yang diberikan kepada mereka ringan dan tidak bisa melindungi dari cuaca sangat dingin, disamping karena kotor.

Mereka menambahkan, akibatnya sejumlah ruang tahanan menjadi sel lembab dan bau yang mengandung serangga dan tikus, tentunya.

Dalam kaitan ini, komite mengatakan, sebagai akibat dari kondisi mengerikan di mana tahanan mengalami berbagai penyakit yang terus memburuk ditambah sikap administrasi penjara yang tidak peduli dengan rasa sakit yang diderita, mereka telah mengabaikan kondisi kesehatan tawanan secara mengerikan.

Dalam laporannya, Komite Tahanan meminta lembaga internasional untuk mengintensifkan upaya mereka dalam menekan otoritas Zionis agar menghentikan kebijakan pengabaian kondisi para tahanan sebagai bentuk pelecehan pada hak-hak mereka dan penerapan kondisi sulit serta penyiksaan dalam semua detail kehidupan sehari-hari mereka.

Menurut komisi itu, pusat penahanan Etzion termasuk salah satu pusat penahanan terburuk, Israel biasa menggunakan cara-cara pemerasan terhadap tawanan pada periode pertama penahanan. Mereka tidak punya fasilitas minim sekalipun sementara kondisi di dalam tahanan semakin buruk. Kondisi tahanan di dalamnya makin meningkat penderitaanya diperparah dengan masuknya musim dingin.(sumber : info palestina)

Bagikan