Ramallah, Sahabat Palestina Memanggil – Sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebutkan bahwa otoritas pendudukan penjajah Israel telah menghancurkan 24 bangunan milik warga Palestina di Tepi Barat, dengan dalih tidak memiliki m izin bangunan yang dikeluarkan oleh pihak Israel, sejak akhir bulan lalu hingga 19 Agustus ini.

Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa di tanah Palestina (OCHA) dalam laporan berkalanya tentang perlindungan warga sipil mengatakan, “Penghancuran rumah-rumah ini mengakibatkan pengusiran sembilan warga dan merugikan sekiditnya 80 lainnya.

OCHA mengatakan, “Jumlah orang yang terlantar akibat pembongkaran sejauh ini pada tahun 2019 ini (setidaknya ada 480 orang) melebihi total mereka yang terlantar pada tahun 2018 (sebanyak 472 orang).”

Sebanyak 10 bangunan ini dihancurkan ini ada di al-Quds Timur, sementara sisanya di empat komunitas di zona C. Sebanyak 13 warga yang rumahnya dihancurkan sudah mengajukan bantuan di zona C, termasuk 7 bangunan di komunitas yang penduduknya terancam pengusiran paksa di lembah Yordan utara, yaitu di Khirbet Ras al-Ahmar.

Selama periode yang sama, pasukan pendudukan penjajah Israel juga melakukan 178 operasi pencarian dan penangkapan di desa-desa dan kota-kota Tepi Barat, termasuk 37 di al-Quds, 35 di Hebron dan 26 di Ramallah, dan setidaknya 190 warga Palestina ditangkap selama operasi ini.

Dalam 14 insiden terpisah, para penyerang yang diyakini sebagai pemukim pendatang Israel telah melukai empat warga Palestina, termasuk seorang anak, dan merusak properti Palestina.

“Sementara pasukan Israel melukai total 173 warga Palestina dalam berbagai bentrokan di seluruh Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur,” lanjut laporan OCHA.

Terkait dengan Jalur Gaza, OCHA mencatat “setidaknya dalam 39 kesempatan, dan dalam konteks pembatasan akses, pasukan Israel melepaskan tembakan peringatan di daerah yang berdekatan dengan pagar perbatasan dan di lepas pantai Gaza.”

Serangan terhadap peserta aksi pawai kepulangan di dekat pagar timur Jalur Gaza melukai 268 warga Palestina. Pasukan Israel juga membunuh sembilan warga Palestina, dalam serangkaian bentrokan bersenjata di pagar perbatasan di timur Jalur Gaza. (sumber : info palestina)

 

Bagikan