Gaza – Sahabat Palestina Memanggil+-
Komite Qatar untuk Rekonstruksi Gaza mulai hari ini, Selasa (24/12) mengucurkan dana sumbanganya bagi 75.000 keluarga miskin Gaza dalam dana hibah bulanannya senilai $ 100 dollar per keluarga perbulanya.

Hampir di semua cabang kantor pos (pemerintah) di seluruh wilayah Gaza, ribuan warga berkumpul untuk menerima bantuan tunai ini.

Proses distribusi akan berlanjut selama beberapa hari sesuai dengan mekanisme pengaturan berdasarkan abjad penerima manfaat, untuk menghindari terjadinya keramaian warga di kantor pos.

Muhammad Al-Emadi, kepala Komite Qatar untuk Rekonstruksi Gaza pada Ahad (22/12) mengumumkan pencairan bantuan tunai bagi sekitar 75.000 keluarga miskin, dengan nilai $ 100 dollar per keluarga perbulanya.

Bantuan ini merupakan bagian dari pembayaran bulanan Qatar senilai $ 30 juta dollar bagi warga Gaza. Dan ini merupakan yang kesepuluh kalinya dana hibah yang diberikan Qatar.

Patut dicatat, pada Mei lalu, Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani memutuskan untuk mengalokasikan 480 juta dolar dananya untuk mendukung rakyat Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Israel telah memberlakukan blokade di Jalur Gaza sejak 2006. Mereka menutup semua penyeberangan perbatasan dan jalur yang menghubungkan Gaza dengan dunia luar, baik melalui Mesir atau wilayah Palestina yang diduduki pada tahun 1948, kecuali hanya bagi sebagian kecil para pendatang.

Blokade yang diberlakukan di Jalur Gaza mempengaruhi semua sektor terutama kesehatan. Menyebabkan terpuruknya sistem medis akibat kurangnya obat-obatan dan krisis listrik akibat tidak adanya bahan bakar di sektor kesehatan. (sumber : info palestina)

Bagikan