Betlehem – Sahabat Palestina Memanggil +-+-
Direktur Umum Institut Penelitian Terapan – al-Quds “ARIJ”, Gad Ishak mengatakan bahwa jumlah permukiman Israel di Tepi Barat adalah 199, di samping ada 220 koloni permukiman liar, yang dihuni oleh 913.000 pemukim pendatang Yahudi. Sebanyak 350.000 di antaranya berada di al-Quds Timur yang diduduki penjajah Israel.

Dalam pernyataan saat pertemuan dengan sejumlah wartawan, hari Senin (1/11/2021), Gad Ishak mengatakan bahwa para pemukim pendatang Yahudi mengambil pendekatan baru untuk merebut tanah dengan mendirikan koloni-koloni penggembalaan, terutama di Lembah Yordan, di mana sebanyak 21 koloni liar didirikan di daerah tersebut.

Dia mengungkapkan, sejak menduduki Tepi Barat, pendudukan Israel telah mengeluarkan 113 perintah militer khusus untuk mendirikan 23 permukiman industri di atas lahan seluas 19.831.000 meter persegi, selain mengungkap rencana pembangunan 35 permukiman industri lainnya di Tepi Barat di atas lahan seluas 25.073.000 meter persegi tanah Palestina.

Dia menyinggung soal penyitaan tanah yang dilakukan dengan dalih penggalian dan penambangan. Dia menyatakan bahwa pada bulan Oktober tahun 2021, pendudukan Israel mengumumkan penyimpanan “skema perencanaan regional” untuk penambangan dan area penggalian untuk dipublikasikan, yang menarget lahan seluas 14.739.000 meter persegi di Area C (yang secara keamanan dan administratif di bawah kendali penjajah Israel) di Tepi Barat.

Dia menyatrakan bahwa pendudukan Israel telah mengumumkan 140 lokasi sebagai cagar alam di seluruh Tepi Barat, dan menghancurkan lebih dari 250 rumah, lebih dari 450 fasilitas (kandang hewan, gudang, dan toko) dengan dalih tidak berizin. Di samping menyampaikan 350 surat pemberitahuan untuk penghancuran rumah dan fasilitas lainnya. .

Dia mengatakan bahwa pihak mencarat ada lebih dari 760 serangan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok pemukim pendatang Yahudi, yang menarget tanah, properti, ternak, pertanian dan bahkan warga sipil Palestina, yang menyebabkan kerugian besar.

Dia menyebutkan, luas perrmukiman Yahudi adalah 542 km persegi, dan panjang jalan bypass adalah 946 km. (sumber/pip)

 

Bagikan