Hebron – SahabatPalestina Memanggil +-+-
Hari Senin (24/1/2021), puluhan tentara pendudukan Israel menyerbu Masjid Ibrahimi di kota Hebron, wilayah selatan Tepi Barat yang diduduki penjajah Israel.

Kementerian Wakaf Palestina, dalam sebuah pernyataan pers yang dirilis pada hari Senin kemarin mengatakan bahwa sebanyak 100 tentara pendudukan Israel menyerbu daerah “al-Jawalia” (masjid al-Jawali), yang terletak di sebelah timur Masjid Ibrahimi, untuk melaksanakan “aktivitas” pendudukan.

Kementerian Wakaf Palestina mengecam serangan yang dilakukan pasukan pendudukan Israel terhadap Masjid Ibrahimi ini. Kementerian Wakaf menilai bahwa tindakan pasukan pendudukan Israel tersebut mengisyaratkan pada indikasi yang sangat berbahaya dari niat pendudukan Israel untuk memberlakukan kontrol penuh atas tempat suci tersebut dan upaya untuk melakukan yahudisasi masjid serta mengubahnya menjadi sinagoge Yahudi.”

Masjid al-Jawali atau Amir Sanjar Al-Jawli (di daerah al-Jawalia) dibangun pada tahun 720 H/1320 M oleh Pangeran Alam al-Din Sanjar al-Jawli. Masjid ini terletak di sebelah timur Masjid Ibrahimi dan dihubungkan dengan serambi. Kedua masjid ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena keduanya berbagi bagian dindingnya (dindingnya menyatu).

(sumber/pip)

 

Bagikan