Al-Quds – Sahabat Palestina Memanggil+-
Sekitar 100 orang pemukim yahudi menggeruduk pelataran Masjidil Aqsha, Kamis (18/3) melalui pintu gerbang Maghoribah.

Departemen wakaf di al-Quds menjelaskan dalam pernyataan persnya, 99 pemukim yahudi termasuk 43 mahasiswa Talmud menggeruduk al-Aqsha, mereka berkeliling dan melakukan ritual Talmud yahudi.

Di lain pihak, aparat kepolisian Israel menahan kartu identitas sejumlah kaum muslimin, dan memperketat prosedur di sejumlah gerbang Masjidil Aqsha.

Kelompok-kelompok ekstrimis yahudi menyerukan untuk menggeruduk Masjidil Aqsha secara kolektif pada Selasa depan, bertepatan dengan pemilu parlemen Israel.

Dalam konteks lainnya, penyelenggaran aksi “Selamatkan Kawasan Syekh Jarrah” menyerukan kepada semua kekuatan, lembaga dan ormas di Palestina dan dunia Arab, dunia Islam dan media untuk terlibat aktif mendukung kawasan Syekh Jarrah melawan rencana Israel yang hendak menggusur puluhan rumah dan mengusir ratusan warga di kawasan Syekh Jarrah al-Quds.

Dalam pernyataannya, panitia aksi menegaskan pentingnya pergerakan cepat di tingkat politik, hukum, massa dan media untuk menyelamatkan kawasan syekh Jarrah.

Panitia aksi menegaskan urgensi focus pada bahaya konspirasi Israel terhadap masa depan al-Quds dan persoalan Palestina, dan akitan rencana menggusur kawasan Syekh Jarrah hari ini dengan strategi zionis, untuk menjadikan al-Quds sebagai kota yahudi, dan mengubah cirri khasnya sebagai kota Islam dan Arab, serta penodaan terhadap tempat suci.

Seruan disampaikan untuk menolak dan menghadapi langkah politik Israel, dengan mendukung perjuangan warga al-Quds dan kawasan syekh Jarrah, dengan segenap sarana dan solidaritas luas.

Lembaga Palestina, dunia Arab dan Islam serta pihak internasional diminta aktif melakukan solidaritas untuk perjuangan warga di kawasan syekh Jarrah.
(sumber/pip)

Bagikan